Rabu, 18 Januari 2012

jaringan epitel


Jaringan epitel .

     Jaringan pada tubuh manusia terdiri atas 4 tipe  jaringan  dasar  yaitu  : epitel, jaringan ikat jaringan otot, dan jaringan saraf.
Karacteristik utama keempat jaringan dasar tubuh sbb:
Jaringan
sel
Matriks sel
Ungsi utama
Saraf
Jaringan  panjang  yang berjalinan
Tidak ada
Trans misi implus saraf
Epitel
Kumpulan  sel-sel  polyhedral
Hanya sedikit
Pelapis atau kelenjar
Otot
Sel  kontraktil  panjang
Berjumlah sedang
Pergerakan
Ikat
Beberapa  jenis  sel  yang menetap  dan  mengembara
Sangat banyak
Penyokong dan pelindung

Janringan epitel sendri berasal dari kata  ‘’epi’ yang berarti di atas  dan ‘’thele’’ yang berarti tonjolan .  memiliki fungs i utama yaitu  menutupi dan melapisai permukaan (misl. Kulit), absorbs(usus), sekresi (missal ) epitel  kelenjar , sensasi (neuro epitel),kontraktil (sel mioepitel).
Semua  jaringan epitel berhubungan dengan jaringan di bawahnya  memiliki suatu struktur  ekstra sel lembaran  pada  permukaan  basalnya , yang di sebut lamina basal.    Lamina basal tidak hanya di temukan pada jaringan epitel namun juga pada sel lain yang berhubungan dengan jaringan ikat. . di sekitar otot, , lemak dan sel-sel  sechwan, lamina basal  merupakan sawar yang  membatasi   atau  mengatur   pertukaran  makro  molekul  antar  jaringan ikat  dan jaringan lain . sedang kan untu istilah membrane basal  dipakai  untuk  menyebut  lapisan  PAS( periodic  acid-schiff) dan   membrane basal  biasanya di bentuk oleh penyatuan  2 lamina basal.
Gambar A. di hasilkan oleh penggabungan dari dua lamina basal , B jenis membrane basal yang sering  di jupai penghubung antar jaringan epitel dengan jarigan ikat.



Taut antar  sel                    
Taut  rekah  ini  memiliki  struktur  yang terkait –membran dlam membantu kohesi  dan komunikasi antar sel  fungsi utama dari taut rekah sendir adalah membentuk pembatas untuk mencegah aliran zat antar sel (jalur paraseluler)dalam dua arah (apeks  ke basal atau basal ke apeks). Taut rekah (gap junction) dapat  di  jumpai  di  sembarang  tempat   sepanjang  lateral  di  kebanyakan  sel   epitel. Taut rekah ini lah yang paling sering  ditemukan  hampir di semua jaringan  mamalia .
Adapun taut rekah yang berupa protein yang di sebut  konesin (jamak dari : konekson) erbentuk  heksamer dengan pori-pori  hidrofilik . koneksin di  membrane  se  yang bersebelahan dan tersusun membentuk  kanal  hidro filik diantara kedua sel .  pada taut rekah memungkinkan pertukaran  antar sel dengan masa  molekul  <1500 Da. Jenis taut rekah terakhir adalah desmosom  (Yun.desmos, pita,+ soma, badan ),. Desmosom adalah suatu struktur berbentuk cakram kompleks pada permukaan sel yang berpasangan dengan struktur identik pada permukaa sel yang bersebelahan. Desmosom tidak di bentuk oleh keratin namun oleh desmin  atau vimentin . Dimdaerah  kontak antara sel  epitel tertentu dan lamina basal, sering terlihat hemidesmosom  struktur ini berupa setengah desmosom dan mengikat  sel pada lamina  basal di bawahnya.  Namun,  pada desmosom , plak penambatnya terutama  mengandung cadherin, sedangkan  pada hemidesmosom , plak ini terdiri atas  intergrin, yaitu family protein  transmembran yag merupakan tempat   reseptor bagi  mekro molekul ekstrasel laminin dan kolagen tipe IV.
Dari sudut pandang fungsional, taut antar sel dapat di golongkan ebagai  tautan adherens (zona adherens, hemidesmosom, dan desmosom), taut  impermiabel(zona okludens), zona komunikasi (taut rekah)
Kekhususan  permukaan sel
o   Mikrovili  merupakan  tonjolan  hasil  modifikasi  dari  membrane sel. Mikro vili berasal dari (Yun. Micros, kecil,+villus, tonjolan)  setap miro vili memiliki tinggi 1μm dan lebar0,08μm.
o   Streosilia adalah penonjolan panjang dan nonmotil dari sel epididimis dan duktus deferens yang sebenarnya merupakan mikro villiyang lebih panjang dan dan bercabang  stereo sillia tersebut jangan di samakan dengan silia sejati
o    Silia adalah struttur motil  panjang pada ermukaan beberapa sel epitel , dengan panjang  5-10μm. Silia tertanam/ menempel pada badan basal . dapat di temukan pada  trakea yang di perkirakan memilii 250silia.
o   Flagel   di dalam tubuh manusia hanya terdapat pada spermatozoa , flagel memiliki struktur yang mirip dengan silia namun jauh lebih panjang.

Jenis-jenis  sel  epitel 
Epitel di bagi atas dua kelompok utama yaitu sepitel pelapis, dan epitel kelenjar .
Epitel pelapis yaitu epitel yang menutupi atau menutupi permukaan luar atau rongga dalam tubuh .  berdasarkan bentuk selnya dapat di bedakan atas  kubus, silindris dan pipih/ gepeng .
Sedangkan menurut jumlah lapisan di bagi atas selapis berlapis,. Semu berlapis(pseoudeostratified).
Gepeng/pipih
Selapis:
Distribusi : melapisai pembuluh darah (endotel). Melapisi ronggga:perikardiu, pleura, peritoneum(mesotel). Fungsi: membantu  pergerakan visera (mesotel), transport aktif melalui pinositosis(mesotel dan emdo tel) sekresi molekl biologi aktif (mesotel ).
Berlapis:  (dua lapisan atau lebih )
Tidak bertanduk
Distribusi mulut, esofagus, laring, vagina, kanal anus. Fungsi utama : proteksi, sekresi, mencegah kehilangan air.
Bertanduk/berkeratinisasi
Distribusi: epidermis, fungsi utama :proteksi; mencegah kehilangan air.


Kuboid(kubus):
Selapis
Distribusi : melapisi ovarium, kelenjar tiroid,  fungsi utama: melapisi, sekresi.
Berlapis
Ditribusi: kelenjar keringat, folikel  ovarium yang sedang berkembang fumgsi  utama.

Silindris
Selapis
DIstribusi:  melapisi usus, kandung empedu.  Fungsi utama :proteksi, lubrikasi, absorbs, sekresi.
Berlapis
Distibusi  konjungtiva,fungsi utama  Proteksi

Epitel transisional
Contoh distribusi : kandung kemih , ureter, kaliks ginjal . fungsi utama :  proteksi, distensibilitas.
Psedeostratified/ Semu berlapis
Lapisan ini dengan inti di berbagai lapisan ; tak semua sel mencapai permukaan namun semua nya menempel pada lamina basal.
Contoh distribusi :melapisi trakea, bronkus, rongga hidung.
Fungsi utama :  proteksi, sekresi , transport yang di perantarai oleh silia, untuk partikel yang terperangkap dalam mucus agar dapat keluar dari saluran pernafasan.

Epitel kelenjar
Epitel kelenjar di kelompokan  menjadi uni seluler dan multi seluler dengan pengelompokan berdasarkan  dari  jumlah selnya. . istilah ‘’kelenjar’’ bias di pakai untuk menyebut kumppulan sel  epitel kelenjar yang kompleks dan besar.. ada pun contoh dari uni seluler adalah sel goblet yang terdapat usus halus dan trakea.
Pada dasar nya kelenjar  sendiri di bagi atas 2 yaitu endokrin, eksokrin.
Kelenjar endokrin
Kelenjar yang tidak memiliki saluran khusus hasil secret aka  ikut aliran darah menuju organ yang di tuju.
Kelenjar eksokrin
Memiliki saluran  berupa  saluran tubular  kelenjar ini berhubungan dengan  epitel permukaan .

Daftar  pustaka
Junqueira , luiz carlos.2003.Histologi Dasar  Teks & atlas.edisi 10.trjmh:dr. tambayong jan.. penerbit buku kedokteran. Jakarta    

Gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar